WELCOME
Supaya Tetap Eksis, Untuk Semua Pengunjung Arya Wiguna' s Blog. Klik lah iklan Dibawah 1 x/hari dan Pada Saat Mengklik Link Artikel atau Link Download dan Semua Link yang ada di Blog ini ditunggu selama kurang lebih 5 detik sampai ada bacaan ,lalu diklik skip adnya. Dengan Demikian Anda telah berdonasi untuk kemajuan blog Ini. Terima Kasih
Khusus Link Mediafire Tips Downloadnya Klik Disini!!!

Monday, December 27, 2010

Keram Pada Otot Betis

Apakah Kramp Pada Kaki Itu???
Kaki kramp adalah kondisi nyeri pada otot kaki yang terjadi tiba-tiba atau tanpa disadari (involuntarily) saat kaki bergerak/berkontraksi. Kramp pada kaki biasanya terjadi pada
kondisi dimana kaki dipaksa untuk melakukan latihan yang berat tanpa melakukan pemanasan (warming-up exercise) sebelumnya. Kondisi yang sering memunculkan timbulnya kramp pada kaki ini adalah olahraga yang melibatkan komponen lari didalamnya, misalkan saja sepak bola. Otot kaki yang sering terkena kramp adalah otot betis, termasuk didalamnya adalah otot gastrocnemius dan otot soleus.
Penyebab :
Meskipun penyebab kramp belum diketahui secara jelas tapi ada beberapa rujukan kenapa kramp bisa terjadi. Diantaranya adalah :
a. Dehidrasi ( tubuh kekurangan cairan, khususnya pada kondisi panas).
b. Rendahnya asupan potasium atau sodium (garam).
c. Rendahnya tingkatan karbohidrat tubuh.
d. Terjadinya ketegangan otot.
Pada kondisi tertentu kramp dapat menyebabkan kerusakan pada otot. Terkadang terjadi kerobekan otot selama penegangan otot yang kuat saat otot berkontraksi. Kalau hal ini terjadi maka kedepannya nyeri akan terasa sampai batasan waktu tertentu. Dan anda akan membutuhkan program rehabilitasi yang lengkap. Sport massage disarankan untuk mengembalikan otot pada kondisi aslinya atau saat sebelum terjadinya cidera. Atau di program fisioterapi anda akan mendapatkan perlakuan terapi yang sama dengan strain muscle.


Apa Yang Dapat Atlet Lakukan...??
1. Jika anda mengalami nyeri kramp saat bertanding maka lakukanlah penguluran. Tahan penguluran tersebut sampai waktu yang diperlukan


2. Gentle massage akan membantu mengurangi gejala kramp karena adanya peningkatan vaskularisasi darah.
3. Konsultasikan pada dokter atau fisioterapi karena mereka lebih paham dengan kondisi seperti ini.


Peran Fisioterapia. Gunakan tehnik sport massage untuk membantu meningkatkan vaskularisasi darah.
b. Berikanlah stretching atau penguluran pada otot tersebut. Dan berikanlah saran untuk melakukan penguluran dan penguatan untuk mencegah agar kramp tidak terulang lagi kedepannya.
c. Kalau terjadi cidera pada ototnya maka aplikasikanla es atau cold pack selama 5-10 menit untuk mencegah pembengkakan.

Comments :

0 comments to “Keram Pada Otot Betis”

Post a Comment

←   →

EXchange Link

With Text
With Banner
Arya
Tukar Link Otomatis Klik Disini!!!
 

Copyright © 2009 by Aryawiguna's Blog

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger