WELCOME
Supaya Tetap Eksis, Untuk Semua Pengunjung Arya Wiguna' s Blog. Klik lah iklan Dibawah 1 x/hari dan Pada Saat Mengklik Link Artikel atau Link Download dan Semua Link yang ada di Blog ini ditunggu selama kurang lebih 5 detik sampai ada bacaan ,lalu diklik skip adnya. Dengan Demikian Anda telah berdonasi untuk kemajuan blog Ini. Terima Kasih
Khusus Link Mediafire Tips Downloadnya Klik Disini!!!

Saturday, March 5, 2011

Biomekanik Dan Fisiologi Adalah

Biomekanik Adalah:
Secara terminologi, Biomekanik terdiri atas 2 kata yaitu kata “Bio” = makhluk hidup dan kata “Mekanikal” = gerakan. Jadi Biomekanik adalah ilmu yang mempelajari gerakan pada makhluk hidup, dimana dalam Biomekanik hanya mempelajari gerakan pada manusia. Dengan demikian, pengertian Biomekanik secara umum/luas adalah ilmu yang mempelajari gerakan pada manusia, yang dipengaruhi oleh sistem anatomi, fisiologi, psikologis, mekanis dan sosiokultural. Sedangkan pengertian Biomekanik secara sempit adalah ilmu yang mempelajari gerakan pada manusia. Adapun pengertian Biomekanik secara ilmiah adalah ilmu yang mempelajari cara menentukan gaya, perubahan dan beban mekanik pada otot, tulang dan sendi dari tubuh manusia.

 Pendekatan Biomekanik
Kita sudah mengetahui tentang anatomi terapan FT, yang terdiri atas : sistem otot, sistem tulang dan sendi serta sistem saraf yang menyebabkan manusia dapat bergerak dan dapat melakukan AKS (aktivitas kegiatan sehari-hari), tetapi tidak terlepas dari pengaruh lingkungan manusia tersebut. Ada 5 pendekatan didalam mempelajari gerakan pada manusia, yaitu :

1. Pendekatan Anatomi ;
Dimana menggambarkan (menjelaskan) tentang struktur tubuh dan bagian-bagiannya serta bagian-bagian tubuh yang potensial untuk menghasilkan gerakan.
2. Pendekatan Fisiologis ;
Dimana mempelajari tentang proses terjadinya gerakan, kontinuitas gerakan dan kontrol gerakan.
3. Pendekatan psikologis ;
Dimana mempelajari berbagai sensasi, persepsi dan motivasi yang menstimulasi terjadinya gerakan serta mekanisme neurologis yang mengontrolnya
4. Pendekatan Mekanik ;
Dimana menjelaskan adanya gaya, waktu dan jarak yang berhubungan dengan gerakan tubuh manusia.
5. Pendekatan sosio-kultural ;
Dimana menjelaskan tentang pengertian dari gerakan yang bervariasi didalam lingkungan yang berbeda-beda.

Kinesiologi:
Pengertian Kinesiologi.
Kinesiologi berasal dari kata yunani kinesis (gerakan) dan kinein (untuk pindah), juga dikenal dengan kinetika manusia, adalah ilmu tentang gerakan manusia. Ini adalah disiplin yang terfokus pada aktifitas fisik. Sebuah pendekatan yang berlaku kinesiological medis berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah terhadap analisis, pelestarian dan peningkatan pergerakan manusia dalam semua pengaturan dan populasi.

Kata Kinesiologi berarti studi tentang gerak. Secara khusus, studi tentang bagaimana bertindak dan koordinasi otot-otot untuk menggerakkan tubuh. Di bidang kesehatan alami, Kinesiologi menggunakan otot untuk memantau stres dan ketidak seimbangan dalam tubuh di mana’Muscle pengujian’ digunakan untuk mendeteksi dan menyeimbangkan. Ketidakseimbangan ini mungkin berhubungan dengan stres emosional, gizi atau alergi, masalah belajar, cedera atau sakit

Tujuan Kinesiologi.

Tujuan kinesiologi ditinjau dari beraneka macam kegiatan yang bergerak pada bidang kinesiologi adalah :

1.Health promotion : Kinesiologists yang bekerja di industri promosi kesehatan berfokus pada bekerja dengan individu yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan, kebugaran, dan kesejahteraan individu.
2.Klinis / Rehabilitasi : Kinesiologists yang bekerja dengan individu-individu dengan kondisi menon-aktifkan yang bertujuan untuk membantu mereka mendapatkan kembali fungsi fisik yang optimal.
3.Ergonomics : Kinesiologists yang ini bekerja di industri yang bertujuan untuk menilai kesesuaian desain workstation dan memberikan saran untuk modifikasi dan alat-alat bantu.
4.Kesehatan dan Keselamatan : Kinesiologists yang bekerja adalah orang yang terlibat dalam konsultasi dengan industri dan bertujuan untuk mengidentifikasi bahaya dan memberikan rekomendasi dan solusi untuk mengoptimalkan kesehatan dan keselamatan pekerja.
5.Disability manajemen/ Case koordinasi : Kinesiologists bekerja merekomendasikan dan menyediakan rencana aksi yang bertujuan untuk mengembalikan individu yang terluka fungsi optimal mereka dalam semua aspek kehidupan.

Kajian Terhadap Ruang Lingkup Ilmu Kinesiologi.

Orang yang bergerak dalam bidang terapan ilmu Kinesiologi menilai gerakan manusia, kinerja, dan fungsi dengan menerapkan ilmu-ilmu Biomekanik, Anatomi, Fisiologi, dan motor pembelajaran terutama pada manusia. Kinesiologists terlibat dalam rehabilitasi, pencegahan, dan menejemen gangguan untuk memelihara, merehabilitasi, atau meningkatkan gerakan, fungsi atau kinerja di bidang olahraga, rekreasi, bekerja, dan olahraga.
Kinesiologists juga menyediakan jasa konsultasi, melakukan penelitian, dan mengembangkan kebijakan yang berkaitan dengan rehabilitasi, kinerja motor manusia, ergonomi, dan kesehatan dan keselamatan kerja. Gerakan tubuh dimanfaatkan dari gerakan fisik untuk menetapkan irama organ-organ dalam tubuh
Salah satu kebijakan terbesar Kinesiologi adalah fleksibilitas. Setiap perawatan adalah penilaian yang unik dengan kebutuhan pribadi seseorang. Menggunakan otot dalam menguji seseorang, disediakan dengan penyembuhan yang tepat sesuai dengan kebutuhan, baik itu rohani, sifat emosional, struktural atau sifat fisik, dari gizi, atau kimiawi .

Comments :

0 comments to “Biomekanik Dan Fisiologi Adalah”

Post a Comment

←   →

EXchange Link

With Text
With Banner
Arya
Tukar Link Otomatis Klik Disini!!!
 

Copyright © 2009 by Aryawiguna's Blog

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger