WELCOME
Supaya Tetap Eksis, Untuk Semua Pengunjung Arya Wiguna' s Blog. Klik lah iklan Dibawah 1 x/hari dan Pada Saat Mengklik Link Artikel atau Link Download dan Semua Link yang ada di Blog ini ditunggu selama kurang lebih 5 detik sampai ada bacaan ,lalu diklik skip adnya. Dengan Demikian Anda telah berdonasi untuk kemajuan blog Ini. Terima Kasih
Khusus Link Mediafire Tips Downloadnya Klik Disini!!!

Tuesday, August 23, 2011

Cara Berlari Dengan Baik Dan Benar


Lari lari dan lari dengan benar (besar) 1
Ya, lari merupakan olahraga yang sangat murah dan mudah dilakukan. Yang Anda butuhkan hanyalah menemukan lintasan berupa jalanan yang panjang atau sebuah lapangan yang luas untuk melakukannya. Aktivitas ini biasanya terlihat di hari sabtu pagi atau minggu pagi. Seperti halnya di beberapa kota di Indonesia yang telah menerapkan program Car Free Day yang artinya hari bebas kendaraan, biasanya ruas jalan tertentu di tutup khusus untuk aktivitas olahraga ataupun sekedar bersantai.

Lari memang sangat mudah, tetapi Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum maupun saat melakukannya. Berikut ini adalah 7 tips untuk mendapatkan hasil optimal dari olahraga lari:


Tip 1: Perhatikan Sikap Tubuh
Sikap bentuk tubuh yang benar saat berlari membuat Anda terhindar dari cedera dan membuat langkah Anda lebih efisien, antara lain:
  • Jangan berlari dengan posisi tubuh tegak
  • Saat berlari, tubuh Anda harus condong ke arah depan.
  • Jangan mendaratkan dengan tumit, tapi melangkah dengan telapak kaki.
Tip 2: Lakukan Pengujian Untuk Menemukan Sepatu Yang Ideal
Tinggi lengkungan kaki Anda tidak berpengaruh pada banyaknya langkah saat berlari. Pilihlah sepatu yang cocok dengan bentuk kaki Anda, lakukan beberapa pengujian untuk mendapatkan sepatu ideal. Hal ini akan membantu kenyamanan Anda saat berlari
Tip 3: Kombinasikan Latihan
Variasi dan kombinasi latihan lari sangat direkomendasikan untuk mengoptimalkan hasil latihan. Cobalah berlari dengan interval waktu dan kecepatan tertentu, contohnya:
  • Berlari cepat selama 5 menit, kemudian berlari lebih lambat.
  • Berlari lambat, kemudian percepat secara perlahan, dan lakukan sprint.
Tip 4: Berlari Off-Road
Berlari di lingkungan yang masih alami merupakan hal yang menyenangkan. Mungkin Anda akan mencoba berlari di jalur yang lebih menantang seperti pematang sawah, ladang, atau perbukitan daripada jalan raya atau lapangan. Tetapi, pastikan sepatu yang Anda gunakan memiliki alas yang dapat mencengkram atau melekat kuat pada landasan lari. Gunakan sepatu yang dibuat khusus untuk berlari di lingkungan yang sulit. Lakukan latihan lari seperti ini pada saat hari masih terang.

Tip 5: Tampilkan Diri Anda
Jika Anda berlari pada malam hari, maka wajib menggunakan pakaian reflektor yang memantulkan cahaya. Hal ini sangat perlu diperhatikan mengingat kondisi jalan yang malam hari lebih rawan. Anda bisa melihat lalu lalang kendaraan tetapi para pengemudi belum tentu dapat melihat Anda jika hanya menggunakan pakaian biasa. Yang terpenting adalah Anda harus melawan arah kendaraan saat berlari dan pastikan Anda berada di trotoar atau sisi jalan yang aman.

Tip 6: Tetap Kering
Saat berlari, kaki Anda akan berkeringat dan membuat sepatu basah. Sepatu yang basah akan kehilangan kemampuan untuk menahan kaki Anda, karena kondisi tersebut akan membuat sepatu mengendur. Jika Anda berlari setiap hari, maka Anda harus memiliki sepatu lari cadangan. Setelah berlari, keringkan sepatu yang Anda gunakan, dan gunakan sepatu cadangan untuk hari berikutnya.

Tip 7: Perhatikan Kondisi Sepatu
Jika sepatu Anda memiliki kerusakan pada beberapa bagian, seperti bantalan sepatu yang sudah terkikis dan permukaan yang bolong, maka ini saat yang tepat untuk membeli sepatu baru. Sekarang coba periksa sepatu Anda, apakah masih cukup baik untuk digunakan?

Tips Tambahan:
Dalam satu menit berlari, seseorang mampu mencapai 180 langkah. Mungkin akan terlihat aneh, tetapi Anda akan mendapatkan manfaat yang besar. Periksa irama waktu Anda dengan jam selama pemanasan untuk menghitung langkah. Hitung setiap langkah selama 10 detik. 180 langkah per menit setara dengan 30 langkah setiap 10 detiknya. Jika langkah Anda kurang dari 180, berarti ada yang salah dengan ritme langkah Anda, mungkin langkah terlalu panjang dan gerakan Anda terlalu lambat. Langkah yang terlalu panjang menyebabkan hentakan pada kaki yang bisa menimbulkan cedera pada kaki.Maka persingkat langkah Anda agar latihan lari Anda lebih aman dan optimal. Rasakan setiap langkah Anda, atur ritmenya dengan baik. Selamat berlari!

Comments :

0 comments to “Cara Berlari Dengan Baik Dan Benar”

Post a Comment

←   →

EXchange Link

With Text
With Banner
Arya
Tukar Link Otomatis Klik Disini!!!
 

Copyright © 2009 by Aryawiguna's Blog

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger