WELCOME
Supaya Tetap Eksis, Untuk Semua Pengunjung Arya Wiguna' s Blog. Klik lah iklan Dibawah 1 x/hari dan Pada Saat Mengklik Link Artikel atau Link Download dan Semua Link yang ada di Blog ini ditunggu selama kurang lebih 5 detik sampai ada bacaan ,lalu diklik skip adnya. Dengan Demikian Anda telah berdonasi untuk kemajuan blog Ini. Terima Kasih
Khusus Link Mediafire Tips Downloadnya Klik Disini!!!

Wednesday, November 16, 2011

Mengapa Jika Kita Setelah Makan Menjadi Mengantuk

Sumber kebugaran seseorang diperoleh dari makanan, selain istirahat dan berolahraga yang cukup. Sehabis makan, kita tentu semangat untuk memulai aktivitas rutin. Namun bagaimana kalau terjadi, habis makan justru mengantuk atau lemas?

Ada beberapa kemungkinan yang membuat Anda menjadi loyo. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain :















  1. Memilih nutrisi perlu strategi. Makan pagi wajib dilakukan walaupun belum merasakan lapar. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin sarapan setiap hari, akan jauh lebih sehat dibanding dengan yang malas sarapan.
  2. Untuk tetap berenergi sepanjang aktivitas Anda setiap hari, maka perlu makan setiap 3 atau 4 jam sekali. Mengonsumsi tiga porsi kecil makanan dan dua jenis snack setiap hari dapat menjaga kadar gula darah dan level energi akan stabil setiap hari. Tidak dianjurkan untuk makan dalam porsi besar, karena justru akan banyak menghabiskan energi untuk mencerna, yang membuat orang merasa capek.
  3. Dalam setiap porsi kecil harus mengandung karbohidrat yang berguna untuk energi tubuh, protein yang berguna untuk menyimpan energi bila dibutuhkan, serta lemak sehat yang biasanya terdapat dalam ikan dan kacang-kacangan.
  4. Makanan yang dikonsumsi setiap pagi selalu yang mengandung serat, seperti mengonsumsi buah. Bila serat masuk ke dalam aliran darah akan berjalan lambat, sehingga level energi akan tetap terjaga.
  5. Makanan rendah lemak bisa berupa yoghurt, ditambah buah-buahan, kentang atau sayuran.
  6. Untuk menjadikan sel otak sehat dan menjaga kestabilan mental, pilih sajian yang mengandung Omega-3. Ikan tuna dan salmon banyak mengandung Omega-3. Manfaat lainnya adalah sebagai pendorong tubuh untuk menyimpan karbohidrat sebagai glikogen yang dibentuk dari glukosa, namun tidak membuat penumpukan lemak.
  7. Air merupakan unsur yang tidak boleh dilupakan. Sebab air salah satu unsur dominan dalam darah dan cairan tubuh. Kekurangan air (dehidrasi) akan membuat darah mengental, dan jantung akan memompa darah lebih keras ke seluruh organ tubuh. Kerja keras jantung ini akan mengakibatkan orang menjadi lelah. Disarankan untuk mengontrol urine setiap dua atau tiga jam sekali setiap hari. Orang yang sehat apabila warna air seninya bening atau kuning pucat.
  8. Mengonsumsi kopi atau teh yang tidak berlebihan sebelum memulai aktivitas termasuk yang baik untuk kebugaran. Hindari minum kopi menjelang istirahat pada malam hari, sebab itu bisa membuat Anda sulit tidur.
  9. Dapat juga, kelelahan atau rasa kantuk dialami karena kualitas tidur tidak baik Solusinya, lakukan relaksasi sebelum tidur. Lalu minum susu, atau mandi dengan menggunakan air hangat.
Semoga bermanfaat

Comments :

0 comments to “Mengapa Jika Kita Setelah Makan Menjadi Mengantuk”

Post a Comment

←   →

EXchange Link

With Text
With Banner
Arya
Tukar Link Otomatis Klik Disini!!!
 

Copyright © 2009 by Aryawiguna's Blog

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger