WELCOME
Supaya Tetap Eksis, Untuk Semua Pengunjung Arya Wiguna' s Blog. Klik lah iklan Dibawah 1 x/hari dan Pada Saat Mengklik Link Artikel atau Link Download dan Semua Link yang ada di Blog ini ditunggu selama kurang lebih 5 detik sampai ada bacaan ,lalu diklik skip adnya. Dengan Demikian Anda telah berdonasi untuk kemajuan blog Ini. Terima Kasih
Khusus Link Mediafire Tips Downloadnya Klik Disini!!!

Wednesday, December 21, 2011

Fisioterapi :Terapi Latihan

Aplikasi terapi latihan pada seorang pasien merupakan suatu proses yang menuntut adanya pemeriksaan awal terhadap kebutuhan pasien dan pemeriksaan ulang yang konstan terhadap kondisi pasien apakah terjadi kemajuan yang jelas atau kemunduran. Hal ini juga menuntut suatu pengetahuan terhadap kondisi yang dialami oleh pasien, tingkat kesembuhan yang potensial dan komplikasi yang mungkin timbul. Selain itu, terapis harus secara konstan mengingat anatomi dari bagian yang diobati dan anatomi seluruh tubuh; reaksi fisiologis tubuh terhadap semua latihan dan mengaplikasikan latihan tertentu pada suatu saat; dan berdasarkan pada prinsip-prinsip mekanik yang berkaitan dengan latihan dan/atau teknik yang diaplikasikan.

Tujuan dari terapi latihan adalah pencapaian gerak dan fungsi yang bebas dari gejala-gejala atau problem.
Untuk melakukan terapi latihan yang efektif terhadap pasien, terapis harus tahu prinsip-prinsip dasar dan efek-efek latihan terhadap sistem muskuloskeletal, neuromuskular, kardiovaskular dan respirasi. Selain itu, terapis harus mampu melakukan evaluasi fungsional terhadap pasien dan harus tahu adanya saling keterkaitan antara anatomi dan kinesiologi dari bagian tubuh yang diterapi, serta memiliki pemahaman tentang kondisi injury, penyakit atau prosedur bedah dan tingkat kesembuhan yang potensial, komplikasi, hal-hal yang perlu diperhatikan dan kontraindikasi.

Terapi latihan juga dipengaruhi oleh reaksi psikologis dimana pasien mungkin atau tidak mungkin ingin memperoleh hasil yang lebih baik. Jika seorang pasien menginginkan perbaikan maka dia akan selalu mempersilahkan terapis dan sangat banyak melakukan latihan. Jika dia tidak menginginkan perbaikan mungkin disebabkan karena dia merasa takut atau khawatir. Dia mungkin merasa nyeri dan takut jika terjadi nyeri yang lebih berat, takut akan penyakitnya atau kecelakaan yang terulang lagi, atau mungkin memiliki penyakit takut terhadap seluruh pengobatan medis dan rumah sakit.

Ada beberapa peran penting yang harus diikuti oleh terapis. Pertama, setiap pasien harus dikenal namanya dan diberi salam pada setiap sesi pengobatan. Kedua, rasa takut akan nyeri yang lebih hebat dapat diatasi dengan latihan teknik fasilitasi dan inhibisi. Dengan cara ini pasien tidak hanya mau diperiksa kembali tetapi kemungkinan akan berkurang nyeri akibat fasilitasi dan inhibisi. Hal ini karena dia mengalami relaksasi pada bagian yang nyeri hebat dengan protektif spasme dan juga terasa berkurang rasa tidak enak.

Ketiga, aktivitasnya harus selalu dimanfaatkan untuk mencapai tujuan akhir. Aktivitas merupakan suatu tujuan akhir agar pasien dapat bekerja kembali dan melakukan aktivitas kegiatan sehari. Yang paling penting adalah tujuan awal tercapai sehingga pasien akan percaya diri terhadap terapis yang mengobatinya.

Comments :

0 comments to “Fisioterapi :Terapi Latihan”

Post a Comment

←   →

EXchange Link

With Text
With Banner
Arya
Tukar Link Otomatis Klik Disini!!!
 

Copyright © 2009 by Aryawiguna's Blog

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger